Hutan Mangrove Kulon Progo, tujuan wisata anak hits


Hutan Mangrove Kulon Progo, tujuan wisata anak hits
Kulon Progo, bagian paling barat D.I.Yogyakarta kembali enawarkan tempat manis buat para traveller, wisata alam tetap menjadi ujung tombak Kulon Progo, kali ini dengan keindahan hutan mangrove di peseisir pantai selatan Kulon Progo paling barat, yang kemudian jika diteruskan kebarat akan langsung menyentuh perbatasann ,purworejo. Saat ini hutan mangrove sudah tampak semakin cantik dengan dibangunnya tempat dan fasilitas, yang so pasti memudahkan kamu berkeliling pantai ini, eh..  hutan mangrove ini.. secara hutan ,angrove ini menjadi satu dengan pantai congot yang berda di kecamatan Temon Kulon Progo. Disini daun hijau hutan bakau akan memanjakan mata kamu sob, secara bakalan jadi hijau hehe.. LOL..

Yap, untuk mencapai pantai congot, cukup mudah sob, tinggal google map aja lokasi pantai congot Kulon Progo, pasti langsung ketemu, nah secara hutan mangrove ada dibarat pantai Congot sob, jadi kamu bisa sekalian wisata ke pantai congot hehe.. atau kalau mau langsung bisa langsung cus ke hutan mangrove, hutan mangrove ini masuk dikawasan pasir mendit kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Dari pantai Congot ke Pasir mendit kurang lebih membutuhkan waktu antara 10-15 menit menggunkan  kendaraan roda dua, kalau kamu sudah sampai dusun Pasir Mendit berati kamu sudah sampai lokasinya sob, udah kagak jauh hehe, nah di barat dusun Pasir Mndit ini adalah sungi Bogowonto yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Yang bikin unik dan menarik adalah, ternyata hutan mangrove di Kulon Progo ini adalah satu-satunya di D.I.Yogyakarta, bayangkan coba sob, di Gunungkidul kamu gak akan menemui pantai semacam ini, demikian juga Bantul, apalagi Kota dan Sleman hehe... Mungkin kamu pernah lihat serial national geografi gitu yang membahas masalah hutan bakau, atau tentang pelstarian lingkungan sob, nah ini sama, 100% sama dengan yang kamu saksikan, dan yang bikin ini oke banget, tempat ini sudah resmi dibuka secara umum oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, sebagai tempat wisata, dan tentunya kalau kita kesana bakalan dipungut retribusi sob. Di hutan mangrove ini  sudah dilengkapi dengan  jalan yang memang dibangun secara khusus, jalannya dibuat menggunakan bambu, mulai dari pinggiran samapai menembus kedalam hutan sob, luar biasa buka hehe.. 

Yap, sebagaimana hutan Mangrove lainnya di dunia, sebenarnya peruntukan adanya hutan ini adalah untuk melestarikan lingkungan, mencegah abrasi dan melindungi ekosistem pantai, namun kebijakan yang lebih populer telah diambil pemerintah daerah dengan membuka tempat ini sebagai tempat wisata. Tentunya hal ini juga menuntut keasadaran pengunjung, bahwa ini adalah bagian dari ingkungan bersama yang wajib dilestarikan dan dilindungi, jadi buat kamu yang mau berkunjung dan selfie atau groovi disini jangan buang sampah sembarangan ya, chaiyoo..

Eh aku mau ke hutan mangrove ni, lewat mana ya? Jangan bingung-bingung sob, jika kamu dari arah jakarta dan menggunakan jalan darat, masuk dari purworejo, ini mudah banget, udah deket banget malahan, begitu kamu masuk Kulon Progo, tanya orang sekitar, arah pantai congot mana ya, nah secara belum ada petunjuk langsung kalau dari perbatasan ke Pasir Mendit, nah kamu kemudian tannya tuh jembatan congot, adari situ ke arah barat sekitar 115 meter, pada kiri jalan ada papan nama, sampai deh, dari situ udah banyak kok petunjuk yang langsung ngarahin ke hutan mangrovenya. Waktu tempuhnya sekitar 15-30 menit ya, disarankan menggunakan roda emmpat ya sob.

Nah jika kamu dri arah bandara, atau arah kota Jogja, ini satu arah sob, kamu langsung aja menuju jalan Jogja-Wates, dari Jalan Jogja Wates itu langsung aja terus ke arah barat samapi masuk kota Wates Kulon Progo, nah setelah masuk wates, masih terus lurus sob arah purworejo, samapi ketemu ruah makan murah meriah temon, nah dari situ sudah dekat, langsung aja tanya kalau mau kejembatan congot lewatnya mana, nanti pasti ditunjukin, selbihnya dari jembatan congot kelokasi sama seperti rute diatas.  Waktu yang dibutuhkan sekitar 60 – 90 menit dari kota jogja, tergantung traffic juga sih sob, disarankan menggunakan kendaraan roda empat ya.

Nah, ini ada tips tambahan agar kamu bisa sampai lokasi dengan aman dan nyaman hehe.. pokoknya bisa menikamati, disarankan mengunjungi lokasi pagi atau sore ya, supaya ndak terlalu panas, kemudian jangan lupa bawa bekal makanan ya, dan jangan lupa bawa kantong plastik  untuk wadah sampah kamu, jangan dibuang sembarangan disana, tapi kamu masukin kantong plastik terus dibuang sendiri ya. HARUS?! Biar besih, kasihan ekosistem disanakan... Oke, lanjut, selain itu sipakan uang 2000 untuk parkir motor dan 3000 untuk retribusi tempat pariwisata ya.
Facebook Comments

0 komentar



Diberdayakan oleh Blogger.