Travelling ke air terjun Tlogo Muncar, kenapa tidak? tempat wisata air nomor 1 di Kaliurang

Nah seteleah beberapa kali membahas travelling ke pantai, sekarang beralih ke tempat wisata yang kagak kalah menarik, namun tetap berhubungan dengan air kok, yap “air terjun” tepatnya air terjun Tlogo Muncar di Kaliurang.  Tlogo Muncar berlokasi di Utara D.I.Yoogyakarta, tepatnya didaerah kabupaten Sleman, kecamatan Kaliurang sob, Tlogo Muncar samapai saat ini masih asli, syahdu deh kalau mau buat  travelling sama si doi atau bareng temen-temen kampus kamu sob. Tlogo Muncar terletak di lereng pegunungan Merapi, so pasti udara dingin sob, jangan lupa bawa jaket ya, dan pastinya kalau kamu deket-deket air terjun kamu bakalan kena cipratan embun air terjunnya, jadi ya emang, kalau biar asyik bawalah baju ganti, kemudian sekalian aja main air ya hehe.. mantap cuy.

Nah kalau kamu ke air terjun Tlogo Muncar disarankan pada musim hujan ya, pas musim hujan airnya lagi banyak-banyaknya hehe... namun hati-hati ya sob, tetep perhatikan keselematan, ya tapi hati2 itu wajib sih diamanapun kita. Bedanya kalau pas musim kemarau airnya dikit sob, jadi mungkin keasyikannya untuk bermain air kurang, tapi swer, admin sendiri penasaran pengen ke air terjun Tlogo Muncar di dua musim yang berbeda, pasti wow sensasinya ahahaha.. Air terjun  Tlogo Muncar sendiri mempunyai ketinggian sekitar 40 meter, yang terletak dikawasan taman nasional gunung merapi dengan ketinggian 878 meter diatas permukaan laut, suhu kawasan wisata ini kurang lebih sekitar 25 drajat celcius, so siap-siap aja jaket ya sob. Air yang terjun dari  Tlogo Muncar ini bersumber dari sekitar lereng bukit plawangan .

Selain Tlogo Muncar disini juga terdapat Tlogo putri, namun area ini hanya dibuka terbatas, nah apabila kamu persiapan pergi kesana jangan lupa untuk membawa bekal obat seperti tolak angin atau antangin, kemudian air putih botol jangan sampai kurang hehe... dan bawa barang secukupnya aja ya, disana juga banyak monyek-monyet, kamu bisa berfoto bersama mereka sob, tapi juga tetap waspada ya sob, jangan sampai barang bawaan kamu dibawa monyet-monyet ke atas pohon hehe, kan jadi susah.. Nah bicara mengenai monyet, ternyata monyet penghuni Tlogo Muncar adalah kawanan kera ekor panjang, monyet-monyet tersebut sangat piawai hidup dialam sekitar TlogoMuncar, mereka mencari makanan dari bah-buahan sekitar dan minum dari air terjun Tlogo Muncar, namun seiring dengan  perubahan fungsi yang berada disekitar Tlogo Muncar, tempat ini mulai didatangi banyak traveller, sehingga banyak pula yang menyempatkan makan siang disana, kemudian monyet mulai datang dan ada saja yang memberinya makan, nah sekarang yang terjadi, para monyet ini sangat tertarik dengan makanan yang diabawa para traveller sob. 

Kaitannya dengan “monyet” ini cukup membuat jadi bahan pemikiran hehe.. Jadi agak serius nih, hahaha... bukan begitu sob maksudya, jadi secara kita sebagi sobat traveller Indonesia.. ya peduli lah dengan lingkungan, kalau kemarin ke hutan mangrove di Kulon Progo sebaiknya kita membawa plastik kresek untuk tempat sampah sendiri, nah kalau disini disarankan sobat jangan kasih  makan monyet itu, dari bekal yang sobat bawa, menginngat itu bukan makanan alami mereka, dikhawatirkan bahwa ketika memberi makan monyet itu semakin membiasa, maka para monyet ini akan kehilangan kemampuannya untuk mencari makan secara alami dihutan kawasan Tlogo Muncar sob.

O iya untuk mencapai obyek wisata Tlogo Muncar  kamu gak perlu sulit-sulit sob, karena sudah ada di Google Map ya, hehe nice lah.. Oke jika kamu dri Jakarta, dan masuk lewat Purworejo ini cukup membutuhkan waktu sekitar 90-120 menit sob, secara memang jarak yang lumayan, dan juga traffic yang cukup padat sob jadi waktu yang dibutuhkan lumayan... nah kalau kamu dari Malioboro, sbenarnya untuk mencapai Tlogo Muncar cukup 30 meniit, namun karena medan dan juga traffic yang padat, kamu bisa mengalokasikan waktu sekitar 60  menit sob. Kemudian ketika kamu memasuki Kawasan Taman Nasional  gunung merapi maka akan dipungut retribusi sebesar 8.000 rupiah per orang ya sob. Admin saranin untuk menuju Tlogo Muncar sebaiknya menggunakan mobil saja, namun jika menggunakan motor juga boleh, tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing sob.

Facebook Comments

2 komentar

komen hahha kunjungi balik gan haha

Balas

heh kok bisa sampai sini gan hihi

Balas



Diberdayakan oleh Blogger.